Rabu, 13 Oktober 2010

Jalan-jalan di sekitar Bandung

Gedung Sate 
Merupakan gedung pusat pemerintahan propinsi Jawa Barat. Dimana ruangan kantor dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat beserta jajaran asisten dan biro nya menempati ruangan di lantai 2 pada gedung ini.
Gedung ini dibangun pada 1920 oleh arsitek muda lulusan Fakultas Teknik Delft Nederland, Ir. J. Gerber, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks serta pihak Gemeente van Bandoeng yang dipimpin oleh Kol. Pur. VL. Slors. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 27 Juli 1920 oleh Johanna Catherina Coops, puteri sulung dari Walikota Bandung, B Coops. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 1924, proses pembangunannya kurang lebih memakan waktu 4 tahun, setelah melibatkan 2000 pekerja dengan 150 orang diantaranya adalah tukang pahat batu nisan dan pengukir kayu berkebangsaan Cina yang berasal dari Konhu atau Kanton. 

 Sumur Bandung
Tercatat dalam sejarah, di tempat inilah Bupati Bandung Raden Adipati Wiranatakusumah menancapkan tongkatnya ketika beristirahat di kawasan sungai Cikapundung. Namun ketika tongkat tersebut dicabut, keluarlah air dari lubang tempat menancapkan tongkat tadi.




 Musium Geologi.
Museum ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency).
Di antara benda-benda yang menjadi koleksinya adalah fosil tengkorak manusia pertama di dunia , fosil-fosil kerangka binatang pra-sejarah, batu bintang seberat 156 kg yang jatuh pada 30 Maret 1884 di Jatipelangon, Madiun. Sebagai sebuah monumen bersejarah, museum ini dianggap sebagai peninggalan nasional dan berada di bawah perlindungan pemerintah. Museum ini menyimpan dan mengelola materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral, yang dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.
 Dago Pakar
Dago Pakar atau yang sebenarnya bernama Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda adalah sebuah kawasan hutan yang masih tersisa di kota Bandung.
Kawasan Dago Pakar sangat sejuk karena pohon-pohon yang besar dan rindang tumbuh. Begitu juga kolam ikan yang luas yang bisa kita jadikan tempat wisata sepeda air. Taman hutan raya ini sesuai fungsinya sebagai taman hutan raya merupakan tempat konservasi flora dan fauna, pendidikan dan penelitian botani, serta rekreasi di alam terbuka 
Terdapat juga gua peninggalan penjajah Belanda dan Jepang. Dibangun oleh pekerja pribumi dahulu yang dikenal dengan nama romusha. Gua yang berupa lorong-lorong sebagai pertahanan perang zaman dulu yang tidak begitu panjang yang di dalamnya terdapat ruangan-ruangan. Kita bisa menyusuri gua-gua tersebut. Tidak perlu khawatir akan gelap karena ada banyak penyedia jasa penyewaan lampu senter di sekitar mulut gua. 

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung. Tempat indah ini terletak di daerah Lembang, kurang lebih 30 menit dari Bandung menggunakan kendaraan bermotor.Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Gunung ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang menarik di Jawa Barat. Lingkungan alamnya yang sejuk, dan sumber mata air panas di kaki-kaki gunungnya. Deretan kawah yang memanjang, menjadi daya tarik tersendiri.Tangkuban Perahu sebenarnya adalah gunung berapi. Dinamakan tangkuban perahu karena bentuknya yang menyerupai kapal yang terbalik.

Kawah Putih
Kawah Putih terletak di daerah Selatan Kota Bandung, berjarak 46 km atau 2,5 jam dari Kota Bandung sampai pintu gerbang menuju lokasi kawah.Daripintu masuk hingga ke kawah jaraknya sekitar 5 km atau bisa ditempuh sekitar 20 menit. Melalui jalan beraspal yang berkelok-kelok dengan pemandangan hutan alam dengan aneka ragam species tanaman. Kawah putih terletak di sebuah gunung yang bernama Gunung Patuha.Dahulu kala,masyarakat menganggap kawah ini kawasan yang angker karena banyak burung mati seketika melewati kawah ini.


 Pasar Baru Bandung selain dikenal sebagai tempat belanja busana murah meriah, juga bayak toko oleh-oleh di lantai bawah. Segala jenis oleh-oleh, terutama dari jenis keringan (keripik tempe, keripik oncom, keripik belut, segala jenis kerupuk dll), bisa dijumpai disini. Selain itu tidak ketinggalan juga segala jenis dodol atau wajit

 Sesuai dengan kebiasaan di pasar, tentunya anda harus menawar harga. Walaupun turunnya tidak banyak, rupanya kebiasaan tawar menawar memang gak bisa hilang disini. “Ini adalah salah satu tempat beli oleh-oleh Bandung yang murah.






 Pusat perbelanjaan sepatu cibaduyut adalah pasar penjualan sepatu terpanjang di dunia, dimana di lokasi tersebut merupakan sentra penjualan sepatu hasil kreasi para pengrajin yang ilmu pembuatannya didapat secara turun menurun, pada tahun 1989 pemerintah R.I meresmikan cibaduyut ini sebagai daerah tujuan wisata. Atas dasar ini Pendiri Toko sepatu Oval memberanikan diri bersaing dengan ratusan kompetitor sejenis untuk berusaha dalam bidang persepatuan.